Minggu, 04 November 2012

Tips Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami

Sekali jerawat menghilang, diperlukan lanjutan perawatan untuk mencegah agar jerawat tidak kembali. Anda dapat mencegah jerawat baru dengan perawatan sendiri, seperti mencuci kulit dengan pembersih yang lembut dan hindari menyentuh area yang berjerawat. Berikut tips cara mencegah timbulnya jerawat secara alami yang dapat teman-teman lakukan:
wajah bersih bisa mencegah datangya jerawat
Tips spesial perawatan wajah berjerawat
  • Cuci daerah yang berpotensi berjerawat dua kali sehari. Dengan mencuci akan memindahkan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Namun terlalu banyak mencuci dapat mengirtasi kulit. Cuci dengan menggunakan pembersih yang lembut dan bebas minyak, produk kulit berbahan dasar air.
  • Gunakan krim atau gel jerawat untuk membantu mengurangi kelebihan minyak. Pilih produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat sebagai bahan aktifnya.
  • Hindari penggunaan make-up yang berat. Pilih kosmetik tabur yang lebih tidak mengiritasi.
  • Bersihkan make-up sebelum tidur. Tidur dengan kosmetik di wajah dapat menutup pori-pori. Buang make-up yang telah lama dan bersihkan kuas dan aplikator kosmetik secara teratur dengan air sabun.
  • Gunakan pakaian yang nyaman. Pakaian yang ketat dapat memerangkap panas dan lembab, sehingga dapat mengiritasi kulit. Jika memungkinkan, hindari tali pengikat yang terlalu rapat, ransel, helm, dan alat olahraga yang dapat menimbulkan friksi dengan kulit.
  • Mandi setelah berolahraga atau bekerja yang mengeluarkan keringat. Ini dilakukan karena minyak dan keringat di kulit dapat menjerat kotoran dan bakteri.
Selain itu hindari jenis-jenis makanan sebagaimana deskripsi di bawah ini yang bisa memicu munculnya atau datangnya jerawat, beberapa diantaranya:

  • Makanan berlemak
    Terlalu banyak mengkonsumsi lemak akan menghambat transportasi oksigen dan nutrisi ke sel. Akibatnya, metabolisme terganggu sehingga kadar gula dalam darah akan mudah mengalami kenaikan dan penurunan secara drastis. Pada saat terjadi peningkatan, kondisi ini dapat memicu munculnya jerawat.
  • Susu dan produk olahannyaKandungan lemak dalam susu dan produk olahannya sangat tinggi sehingga efeknya terhadap jerawat sama seperti makanan berlemak. Es krim, keju, dan sejenisnya termasuk produk olahan susu yang sebaiknya dihindari oleh pemilik wajah berjerawat.
    Selain itu, ada beberapa jenis susu yang diperah dari sapi betina yang sedang bunting. Jenis susu ini mengandung hormon tertentu yang di tubuh manusia akan diubah menjadi hormon dihydrotestosterone (DHT) penyebab jerawat.
  • Gula OlahanSecara alami, gula terdapat di hampir semua makanan termasuk buah-buahan. Namun, selama buah-buahan itu dimakan mentah-mentah, jenis gula yang dikandungnya adalah gula kompleks berupa serat dan karbohidrat yang tidak terlalu meningkatkan kadar gula darah. Gula-gula darah tersebut baru akan menjadi masalah bagi jerawat jika sudah berubah ke bentuk yang lebih sederhana, melalui proses pengolahan. Gula pasir merupakan bentuk gula sederhana yang memicu jerawat dan banyak dipakai dalam permen maupun berbagai jenis kue.
  • KafeinKopi, teh, minuman bersoda dan beberapa jenis obat penghilang rasa nyeri merupakan sumber-sumber kafein yang bisa memperparah jerawat. Salah satu efek kafein adalah merangsang kelenjar adrenalin, sehingga bisa meningkatkan kadar stress yang merupakan salah satu faktor pemicu jerawat.
    Efek samping kafein yang lain adalah gangguan tidur, yang juga bisa memicu jerawat. Selain meningkatkan stress, kurang tidur juga menghambat proses pemulihan kondisi fisik dan mekanisme pembuangan racun yang terjadi di dalam tubuh.
  • Makanan olahan Sardin kalengan, baso awetan, sosis, nuggetm dan sejenisnya termasuk produk makanan olahan yang sering mengandung bahan tambahn termasuk pengawet. Bahan-bahan tersebut sulit dicerna oleh tubuh dan bisa memperparah radang pada jerawat yang sudah mengalami infeksi.
Demikian tips seputar mencegah datangnya jerawat secara alami yang bisa dengan mudah anda lakukan di rumah. Tetap jaga kebersihan kulit, dan mengkonsumsi makanan teratur untuk bisa mencegah timbulnya jerawat dalam jangka panjang agar jerawat tidak pernah muncul lagi. Untuk cara menghilangkan bekas jerawat bisa dilihat disini.

Apa cara pencegahan yang sering teman-teman lakukan ketika jerawat mulai menyerang? Bebas untuk berkomentar dibawah ini.

1 komentar:

Rebeca Giovani Magdalena Tobing mengatakan...

Saya Pakai Natasha, awalnya kulit saya bagus sekali, belakangan kulit saya hancur sekali... berkali-kali saya melakukan konsultasi ke Natasha, tapi baru belakangan dibilang bahwa kulit saya tidak cocok dengan racikan Natasha... Aneh... padahal saya sebelum dikasihtau begitu, saya disuruh perawatan ini itu, laser Biru, merah,hijau, ampe jutaan, facial lah...disuruh makan obat makan lah... mana di Natasha harga obat nya berkali lipat dibanding kalo beli sendiri. akhirnya saya bilang, sebelumnya kulit saya gak apa-apa... eh, Dokter Natasha nya bilang :" YA KALO GAK COCOK DAN GAK JADI SOLUSI DI NATASHA, BERHENTI AJA PAKAI NATASHA", saya kaget,saya geram sekaliiii...Kulit saya lebih hancur daripada sebelum pakai Natasha... Padahal saya selama ini udah setia pakai natasha, dan ikutin ini itu... HUFHT! Kulit saya jadi sangat tipis sekali sekarang dan menjadi sangat sangat sensitif daripada sebelumnya.BIKIN KULIT SAYA MAKIN PARAH!

Poskan Komentar

Komentar Terbaru

Tulisan Terbaru